Tahapan Cara Perpanjang SKCK Secara Online Mudah dan Cepat

Syarat Perpanjang SKCK Online 2022 serta Biaya dan Tata Caranya | Indozone .id

Cara perpanjang SKCK menjadi hal yang perlu diketahui oleh Anda jika SKCK sudah melewati masa belaku (6 bulan), proses perpanjangan SKCK bisa dilakukan secara online melalui website resmi SKCK Polri maupun secara offline di Polres. Supaya lebih mudah, Anda bisa memperpanjang SKCK secara online dengan mengikuti beberapa tahap berikut ini.

  1. Siapkan Lembar SKCK Lama

Tahap awal cara perpanjang SKCK adalah menyiapkan lembar SKCK lama. Lembar SKCK lama ini harus asli, namun bisa juga SKCK lama yang sudah dilegalisir.

  1. Akses https://skck.polri.go.id

Karena proses perpanjangan ini dilakukan secara online, maka untuk memulai silahkan akses website resmi SKCK Polri. Caranya, buka Google Chrome di smartphone ataupun laptop, lalu ketik https://skck.polri.go.id di kolom search, nantinya menu dari website resmi skck Polri ini akan ditampilkan di layar perangkat Anda.

  1. Pilih Menu Formulir Pendaftaran

Setelah mengakses web yang dimaksud, silahkan klik menu yang ada di bagian pojok kanan atas layar. Akan muncul beberapa pilihan menu, silahkan pilih “Formulir Pendaftaran” untuk memulai proses perpanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

  1. Isi Formulir Pendaftaran

Jika sudah memilih menu “Formulir Pendaftaran”, nantinya formulir pendaftaran online akan muncul di layar perangkat Anda. Silahkan isi formulir tersebut sesuai dengan informasi yang diminta, seperti identitas pribadi, informasi keluarga, satwil, riwayat pendidikan, dan lainnya.

  1. Isi Alasan Pengajuan SKCK

Tahap cara perpanjangan SKCK selanjutnya, silahkan isi alasan pengajuan perpanjangan SKCK di kolom formulir pendaftaran yang tersedia. Saat mengisi formulir pendaftaran online, nantinya Anda akan menemukan kolom “Jenis Keperluan” di bagian satwil.

Silahkan isi kolom tersebut dengan alasan Anda mengajukan pembuatan/perpanjangan SKCK. Kolom tersebut nantinya akan menentukan tempat mana yang menjadi tempat pembuatan SKCK Anda (Mabes Polri, Polda, atau Polres).

  1. Unggah Foto

Setelah mengisi kolom jenis keperluan, silahkan unggah foto Anda sesuai dengan ketentuan yang tertera di web SKCK Polri. Selain itu, cantumkan juga rumus sidik jari yang sudah didapat di kantor Polres sesuai domisili, jika sudah memiliki rumus sidik jari dari SKCK lama, Anda tidak perlu lagi mengurusnya di Polres sesuai domisili.

  1. Lakukan Pembayaran

Jika sudah mengisi formulir pendaftaran secara lengkap, maka proses perpanjangan SKCK pun sudah selesai. Nantinya Anda akan mendapat tanda bukti pendaftaran dan nomor yang nantinya akan digunakan untuk membayar biaya SKCK online.

Biasanya biaya yang diperlukan untuk memperpanjang SKCK adalah sekitar Rp30 ribu.Proses pembayaran nantinya bisa dilakukan melalui Bank BRI maupun secara tunai di loket pembayaran di kantor polisi.

Proses pembayaran melalui Bank BRI ini bisa dilakukan melalui mobile banking, ATM BRI, teller BRI, atau mesin EDC BRI. Anda bisa memilih cara pembayaran sesuai dengan keinginan, dan jika sudah melakukan pembayaran, jangan lupa cetak tanda bukti pembayaran.

  1. Terbitkan SKCK di Kantor Polisi

Tahap selanjutnya adalah menerbitkan SKCK di kantor polisi yang telah dipilih (sesuai domisili), SKCK bisa diterbitkan setelah Anda menunjukan tanda bukti pembayaran di pihak kepolisian. Oleh karena itu, setelah mencetak tanda bukti pembayaran, pastikan bahwa bukti tersebut tidak sampai hilang.

Demikian informasi mengenai tahapan cara perpanjang SKCK secara online melalui laman website resmi SKCK Polri. Semoga informasi ini bisa mempermudah Anda dalam memperpanjang masa berlaku Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post