Mengetahui Lebih Dalam Seputar Tes Titer Antibodi di SehatQ.com

Tes titer antibodi dapat mengetahui respons imun selepas pemberian vaksin corona

Tes filter antibodi merupakan sebuah tindakan medis berupa pemeriksaan yang dilakukan untuk mencari tahu jumlah antibodi dalam darah pasien. Sementara itu, jumlah dan keragaman antibodi yang terdapat dalam darah juga bisa mengindikasikan seberapa kuat respons kekebalan tubuh alias imunitas manusia. Soalnya, ketika terdapat mikroorganisme berbahaya atau yang lebih dikenal sebagai patogen yang masuk ke dalam tubuh, maka antigen atau molekul yang berlokasi di patogen tersebut bisa merangsang sistem imunitas agar bisa menghasilkan antibodi. Kemudian, antibodi tersebut akan mengikat antigen sehingga akan menghasilkan interaksi yang lebih kompleks lagi. Pada proses ini, mikroorganisme yang masuk akan dideteksi sebagai benda yang berbahaya serta bisa dihancurkan sebelum adanya infeksi yang datang. Untuk bisa melaksanakan fungsinya dengan baik, maka antibodi yang dihasilkan haruslah antibodi yang memenuhi jumlah yang setara dengan jumlah antigen yang ada.

Sementara itu, untuk memastikan apakah antibodi tersebut sudah memenuhi jumlah yang dibutuhkan atau tidak, maka dilakukanlah tes titer antibodi yang merupakan tindakan medis untuk memeriksa secara detail. Pada tes ini, salah satu hal yang sekarang umum dilakukan ialah memeriksa proses vaksinasi Covid-19. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa tes filter antibodi tidak dilakukan untuk mendeteksi virus pada tubuh kita. Soalnya, tes yang satu ini dilakukan untuk melihat adanya potensi untuk membentuk antibodi dari sistem kekebalan tubuh apabila tubuh kita sudah terpapar oleh virus.

Lantas, mengapa tes titer antibodi penting untuk dilakukan? Pertama-tama, perlu dipahami bahwa antibodi akan terbentuk saat muncul benda asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Hal ini tentu saja bisa berasal baik dari vaksin maupun dari patogen yang bertujuan untuk menginfeksi tubuh. Dan seperti yang kita tahu, vaksin sendiri memang memiliki kandungan patogen, misalnya seperti bakteri dan virus yang sudah dilemahkan dan berfungsi untuk merangsang sistem imunitas tubuh kita. Tes titer antibodi akan berfungsi untuk mendeteksi konsentrasi antibodi dalam darah yang secara spesifik telah terbentuk karena adanya patogen tertentu. Mengetahui jumlah titer antibodi dapat membantu para dokter untuk bisa menentukan apa jenis perawatan paling tepat yang bisa diterima pasien.

Melalui adanya tes titer antibodi, kita dapat mengetahui ha;-hal seperti:

a. Menentukan kebutuhan pasien akan vaksin booster

Tes titer antibodi berperan untuk mengetahui kebutuhan seseorang yang sudah terinfeksi terhadap suatu patogen untuk bisa mendapatkan pasien. Hal ini dikarenakan seseorang yang sudah terinfeksi patogen secara otomatis tubuhnya juga sudah membentuk antibodi terhadap antigen yang ada di patogen tersebut. Maka dari itu, jika antibodi yang sudah terbentuk sesuai dengan jumlahnya, maka proses vaksinasi belum bisa dilakukan.

b. Mengetahui seberapa efektif suatu vaksin

Ketika kita bisa mengetahui jumlah titer antibodi, maka dokter juga akan bisa terbantu untuk mengetahui antibodi dan jumlahnya, apakah jumlah tersebut sudah cukup untuk melawan patogen yang menyebabkan penyakit atau tidak.

c. Memastikan apakah infeksi sedang terjadi atau pernah terjadi pada tubuh

Titer antibodi akan menunjukkan adanya hasil tertentu apabila tubuh kita sudah mengalami infeksi dari suatu patogen. Maka dari itu, hal ini dianggap respon imun adaptif yang muncul dari infeksi patogen. Hal ini juga termasuk pada individu yang tidak mengalami gejala maupun yang sudah sembuh.

d. Mendeteksi adanya potensi masalah autoimun

Apabila titer antibodi melebihi yang normal, maka hal ini bisa menunjukkan adanya respon imun yang kuat atau bahkan adanya gangguan autoimun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post