Masakan Kentang ala Indonesia yang Bikin Nagih

main image

Olahan kentang selalu mempunyai cita rasa yang bikin banyak orang ketagihan. Kentang sendiri bisa digunakan sebagai bahan utama untuk masakan gurih, maupun olahan kue. Sudah banyak sekali masakan tradisional yang menggunakan kentang, begitu juga olahan western yang tentunya tak kalah lezat.

Nah, berikut ini olahan kentang khas dari Indonesia yang bikin siapa saja ketagihan.

  1. Perkedel Kentang

Masakan khas Indonesia ini dibuat dari kentang dengan mencampurkan berbagai bumbu yang bikin terasa sangat gurih. Kentang ini dihaluskan, kemudian dibumbui, dibentuk bulat-bulat, dan terakhir digoreng.

Cara membuatnya cukup sederhana, dan siapapun bisa membuatnya. Perkedel kentang ini bisa digunakan sebagai lauk, atau juga untuk cemilan saat santai.

Ada juga yang membuat perkedel ini lebih istimewa dengan menambahkan isian daging, sosis, kornet, seafood, dan lain sebagainya. Semakin istimewa isiannya, rasanya pun juga pastinya akan semakin tidak tertandingi.

  1. Semur Tahu Kentang

Masakan ini memang terdengar sedikit aneh, karena biasanya yang namanya semur pastinya terbuat dari daging. Tapi jangan salah, karena harga kentang yang murah dan rasanya juga tidak kalah dengan semur daging membuatnya menjadi masakan yang banyak diminati.

Untuk membuatnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat semur daging. Hanya saja bahan utama daging diganti dengan kentang. Rasa kentang ini meski tidak bisa mengganti rasa daging, namun tetap memiliki cita rasa yang berbeda dan gurih.

Masakan ini sederhana, namun tetap memiliki rasa yang tidak kalah dengan semur daging pada umumnya.

  1. Kentang Balado 

Namanya balado, tentunya tidak jauh dengan masakan minang yang sudah sangat terkenal. Masakan ini identik dengan penggunaan cabai merah. Karena dalam bahasa Minang, ladai sendiri merupakan cabai.

Ciri khas balado itulah yang diambil dengan mengkombinasikannya dengan kentang. Rasanya pun cukup unik, dan pastinya gurih. Tidak heran kentang balado selalu menjadi pilihan sajian makanan untuk berbagai hidangan.

Hampir semua sajian pada pesta pernikahan pasti terdapat balado kentang. Masakan catering nasi kotak juga jarang meninggalkan balado kentang sebagai lauk tambahan nasi.

  1. Sambal Goreng Kentang Ati

Jika balado kentang merupakan makanan khas Minang, sambal goreng ini merupakan makanan khas dari Jawa. Meski sama-sama menggunakan cabai, namun rasa sambel goreng cenderung lebih gurih dibandingkan balado yang manis.

Pembuatan sambal goreng kentang ati ini merupakan kombinasi dari bahan utama berupa kentang dan ati. Dua bahan yang berbeda ini ketika dijadikan satu membentuk sebuah rasa yang pastinya membuat siapapun ingin mencicipinya.

Meski disebut sebagai lauk tambahan, namun sambal goreng ini tidak pernah dilupakan ketika membuat nasi kuning, atau tumpeng. Seakan rasanya kurang ketika tidak ada sambal goreng kentang ati yang legendaris ini.

  1. Kue Lumpur Kentang

Beralih dari masakan yang gurih, kue khas Indonesia ini dibuat dengan bahan utama kentang. Teksturnya yang lembut dengan bentuk yang bulat, dan juga terdapat kismis di bagian tengahnya menjadi ciri khas dari kue lumpur ini.

Dengan bahan utamanya menggunakan kentang, ternyata teksturnya tersebut malah semakin lembut dan juga rasanya sangat manis dan pasti membuat siapapun suka. Kue lumpur ini merupakan kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Kue ini banyak dijumpai di acara-acara pernikahan, acara adat, dan lain sebagainya.

Itulah masakan ala Indonesia yang menggunakan kentang sebagai bahan utamanya. Harga kentang yang cukup murah dan juga mudah ditemukan membuat umbi-umbian ini selalu ada di dapur keluarga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post